Berita

Pendidikan Profesional Lanjutan (PPL) Wajib dan Webinar Penilai Publik Tahun 2021

 

Berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 101/PMK.01/2014 tentang Penilai Publik sebagaimana telah beberapa kali diubah, terakhir dengan Peraturan Menteri Keuangan Nomor 228/PMK.01/2019 tentang Penilai Publik, Penilai Publik wajib mengikuti Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) setiap tahunnya sebanyak 25 Satuan Kredit Poin (SKP), untuk Penilai Publik dengan klasifikasi bidang jasa Properti (P) atau Bisnis (B), dan 20 SKP untuk Penilai Publik dengan klasifikasi bidang jasa Properti Sederhana (PS) atau Personal Properti (PP), yang paling sedikit 5 SKP diantaranya diselenggarakan oleh Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK).
 
Adapun pada tahun 2021, PPPK bekerjasama dengan MAPPI menyelenggarakan PPL Wajib Penilai Publik secara online melalui Kemenkeu Learning Centre (KLC) 2 dengan skema sebagai berikut :
 
1. PPL akan dilaksanakan secara full online dengan bobot 5 SKP dari PPPK dan 10 SKP dari MAPPI
2. Materi PPL Wajib Penilai Publik tahun 2021 adalah sebagai berikut:
  a. Aspek Perjanjian dalam Penugasan Penilaian oleh Penilai Publik, Hasil Pemeriksaan Terhadap PP Tahun 2020, dan Hasil Survey Indeks Kualitas Profesi Keuangan di Indonesia tahun 2020.
    b. Implementasi Analisis HBU Dalam Pendekatan Penilaian.
3. Penyelenggaraan dilakukan di Kemenkeu Learning Centre (KLC) 2 sebanyak 3 batch dengan tanggal sebagai berikut :
 
 Batch 1 

  Penilai Properti

 Penilai Properti Sederhana

Pendaftaran KLC2 : 01-05 Agustus 2021
Waktu Pelaksanaan
 : 06-13 Agustus 2021 

  Batch 2  

  Penilai Properti/Personal Properti

 Penilai Properti Sederhana

Pendaftaran KLC2 : 01-07 September 2021
Waktu Pelaksanaan
 : 08-15 September 2021

  Batch 3 

  Penilai Properti

 Penilai Bisnis

Pendaftaran KLC2 : 03-09 November 2021
Waktu Pelaksanaan
 : 10-17 November 2021

4. PPL online ini tidak dikenakan biaya (gratis).
5. Penilai Publik dapat mengajukan perpindahan jadwal PPL dengan syarat memenuhi ketentuan sebagai berikut:
  a. Melakukan pertukaran jadwal dengan Penilai Publik dari batch lain dengan klasifikasi izin yang sama, disertai dengan bukti persetujuan dari Penilai Publik yang bersangkutan;
  b. Melaporkan permohonan penggantian jadwal dan bukti persetujuan dari Penilai Publik yang bersangkutan melalui email molita@kemenkeu.go.id.
6. Pendaftaran di web MAPPI paling lambat tanggal 05 Agustus 2021
7. List nama Penilai Publik tiap batch dan ketentuan PPL ini terlampir.
 

Contact Person

Nurdin
 :
081311516825
Rizki
 : 08993311822
Natalia  : 
083892865051

 

 
  Pendaftaran PPL Wajib Penilai Publik - KLC
 
 
 
 
Webinar Pendidikan Profesional Lanjutan (PPL) Penilai Publik Tahun 2021
 
Sehubungan dengan diselenggarakannya Pendidikan Profesional Berkelanjutan (PPL) Wajib Tahun 2021 oleh Pusat Pembinaan Profesi Keuangan (PPPK) dan Asosiasi Profesi Penilai (MAPPI) dengan tema “Implementasi Analisis HBU Dalam Pendekatan Penilaian”, dengan tujuan untuk memperdalam pemahaman akan topik tersebut, maka Asosiasi Profesi Penilai (MAPPI) akan menyelenggarakan Webinar Pendidikan Profesional Lanjutan (PPL) Penilai Publik Tahun 2021 dengan tema yang sama.
 
Adapun skema pelaksanaan Webinar PPL tersebut adalah sebagai berikut :
 
1. Webinar PPL akan dilaksanakan dengan bobot 10 SKP dan bersifat optional
2. Penyelenggaraan dilakukan di sekretariat Masyarakat Profesi Penilai Indonesia (MAPPI) sebanyak 3 batch dengan tanggal sebagai berikut :
 
  Batch  Klasifikasi  Waktu Pelaksanaan
 Batch 1 

  Penilai Properti

  Penilai Properti Sederhana

Sabtu, 14 Agustus 2021

Sabtu, 21 Agustus 2021 

  Batch 2  

  Penilai Properti/Personal Properti  

  Penilai Properti Sederhana

   Sabtu, 18 September 2021

Sabtu, 25 September 2021

  Batch 3 

  Penilai Properti

  Penilai Bisnis

Sabtu, 20 November 2021

Sabtu, 27 November 2021


3. Kegiatan Webinar PPL ini akan dikenakan biaya sebagai berikut :
- Penilai Properti, Penilai Personal Properti, dan Penilai Bisnis sebesar Rp. 500.000,- untuk setiap peserta
- Penilai Properti Sederhana sebesar Rp. 350.000,- untuk setiap peserta
4. Peserta yang mengikuti PPL Wajib Penilai Publik, apabila ingin melanjutkan dengan kegiatan Webinar Penilai Publik, dapat mendaftar di batch yang sama
5. Pendaftaran di web MAPPI paling lambat tanggal 12 Agustus 2021.
6. List nama Penilai Publik tiap batch dan ketentuan ppl ini terlampir.
 
PEMBAYARAN 

Bank Mandiri Cab. Menteng
A.C : 122-000-576-4645 
A.N : MAPPI
 
 
*METODE PEMBAYARAN MELALUI PAYMENT GATEWAY"

Panduan Pembayaran Melalui Payment Gateway

 

  
 

Contact Person

Nurdin
 :
081311516825
Rizki
 : 08993311822
Natalia  : 
083892865051

 

 
1. Webinar PPL Wajib Penilai Publik Properti Tahun 2021 Batch 1


2. Webinar PPL Wajib Penilai Publik Properti Sederhana Tahun 2021 Batch 1

 
3. Webinar PPL Wajib Penilai Publik Properti Tahun 2021 Batch 2
 
4. Webinar PPL Wajib Penilai Publik Personal Properti Tahun 2021 Batch 2

 
5. Webinar PPL Wajib Penilai Publik Properti Sederhana Tahun 2021 Batch 2
 
6. Webinar PPL Wajib Penilai Publik Properti Tahun 2021 Batch 3
 
7. Webinar PPL Wajib Penilai Publik Bisnis Tahun 2021 Batch 3