Pendidikan

Pendidikan Lanjutan Penilaian 1

 

Praktek Penilaian Properti mulai dikenal di Indonesia sejak tahun 1970-an. Seiring dengan perkembangan iklim dunia usaha di Indonesia, kebutuhan akan jasa Penilaian dari waktu ke waktu terus berkembang. Tidak lagi hanya terbatas pada kepentingan pihak perbankan, tapi sudah meluas kepada sektor keuangan, individu, asuransi dan kepentingan umum.
 
Ilmu Penilaian pun terus mengalami perkembangan, baik dalam skala internasional maupun dalam negeri. Masyarakat Profesi PeniIai Indonesia [MAPPI] sebagai satu-satunya organisasi profesi penilai di Indonesia memiliki program pendidikan reguler Penilaian Properti yang terdiri dari tingkat dasar [PDP 1-2] dan tingkat madya [PLP 1-2]. Pendidikan ini tidak hanya dibutuhkan oleh mereka yang berprofesi sebagai penilai independen, namun juga dibutuhkan oleh siapa saja yang terkait dengan pekerjaan Penilaian, seperti misalnya para auctioner, staf pengelola barang di pemerintahan, acount officer dan penilai internal di bank.
 
Setiap peserta yang telah lulus dari pendidikan ini dapat mendaftarkan dirinya untuk menjadi anggota MAPPI tingkat Peserta.

TUJUAN PENDIDIKAN LANJUTAN PENILAIAN I PROPERTI
Peserta memahami dasar – dasar penilaian properti komersial dan mampu melakukan penilaian properti non sederhana dan properti komersial.

SIAPA PESERTA PENDIDIKAN LANJUTAN PENILAIAN I PROPERTI :
• Anggota MAPPI T* Properti
• Lulus PDP 1 dan PDP 2 Properti
• Lulus P1 P2 Properti

PENDIDIKAN LANJUTAN PENILAIAN I PROPERTI :
- SPI
- Analisa Investasi Properti
- Highest & Best Use
- Analisa Statistik Pada Penilaian
- Analisa Pasar Properti
- Real Estate Finance
- Adv Income Capitalization : Basic App
- Adv Income Capitalization : Cap Rate
- Adv Income Capitalization : DCF
- Adv Income Capitalization : Spesial App
- Penilaian Mesin dan Peralatan
- Penyusunan Laporan Penilaian
   ( Narative Report )

SYARAT PENDAFTARAN :
1. Lulus PDP 2 , Fotocopy Kelulusan PDP 2
2. Berpendidikan paling rendah D3 atau sederajat
3. Mengisi formulir pendaftaran dan surat pernyataan
4. Membayar biaya pendidikan sesuai dengan ketentuan
5. Mengembalikan formulir pendaftaran dan surat pernyataan, yang dilakukan bersamaan dengan penyerahan beberapa
    dokumen lain, yaitu :
    a. Bukti pembayaran
    b. Pas foto digital terakhir 4 x 6 berwarna sebanyak 2 [dua] lembar
    c. Copy ijazah terakhir yang telah dilegalisir
    d. Copy transkrip nilai atas ijazah terakhir
 
 
PEMBATALAN:
1.Apabila calon peserta yang sudah melakukan proses pendaftaran dan pembayaran, melakukan pembatalan keikutsertaan PLP-
   1 pada 3 (tiga) hari sebelum pelaksanaan, maka akan dilakukan pemotongan biaya adm sebesar 25 % dari total pembayaran.
2.Apabila pembatalan dilakukan pada hari H pelaksanaan, maka uang pendaftaran dinyatakan hangus.
3.Sisa uang pendaftaran tidak dapat dikembalikan dan akan di masukkan ke pembayaran pendidikan PLP-1 di periode
   berikutnya, dan peserta diwajibkan membayar sisa kekurangan biaya pendidikan tersebut sebesar 25%.
4.Peserta yang melakukan pembatalan di wajibkan mengikuti pendidikan PLP-1 pada periode berikutnya, jika tidak maka uang
   pendaftaran dinyatakan hangus.