Berita

Sosialisasi e-Register SPRINT OJK

 

Sehubungan dengan telah ditetapkannya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 68/POJK.04/2017 tentang Tentang Penilai Yang Melakukan Kegiatan Di Pasar Modal (selanjutnya disebut “POJK 68 tahun 2017”) pada tanggal 22 Desember 2017, bersama ini dapat kami sampaikan kepada Saudara hal-hal sebagai berikut:

1.   Sebagaimana dimaklumi bersama bahwa:

a.  Sesuai Pasal 4 POJK 68 tahun 2018, Penilai yang melakukan kegiatan Penilaian di bidang pasar modal wajib terlebih dahulu terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan sesuai dengan ruang lingkup sebagaimana dimaksud dalam Pasal 2, serta memenuhi persyaratan sebagaimana diatur dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan ini.
b.  Pasal 43 POJK 68 tahun 2018 mengatur bahwa dalam hal Otoritas Jasa Keuangan telah menyediakan sistem elektronik, penyampaian pendaftaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 5, penambahan ruang lingkup kegiatan Penilaian sebagaimana dimaksud dalam Pasal 9 ayat (2), permohonan pendaftaran kembali sebagaimana dimaksud dalam Pasal 10, dan/atau kewajiban laporan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 21 ayat (1) huruf c dan huruf d wajib disampaikan melalui sistem elektronik tersebut dalam hal ini melalui Sistem Perizinan dan Registrasi Terintegrasi OJK (SPRINT) yaitu https:sprint.ojk.go.id.
c.  Ketentuan Pasal 54 mengatur bahwa Penilai yang telah memiliki surat tanda terdaftar profesi penunjang pasar modal sebelum berlakunya Peraturan Otoritas Jasa Keuangan ini, wajib menyampaikan permohonan pendaftaran ulang kepada Otoritas Jasa Keuangan paling lambat 1 (satu) tahun sejak Peraturan Otoritas Jasa Keuangan ini diundangkan dengan menggunakan format formulir Pendaftaran Ulang Sebagai Penilai yang Melakukan Kegiatan di Pasar Modal sebagaimana tercantum dalam Lampiran yang merupakan bagian tidak terpisahkan dari Peraturan Otoritas Jasa Keuangan ini disertai dokumen pendukung dengan  memenuhi terlebih dahulu seluruh kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan dan/atau keputusan Otoritas Jasa Keuangan yang belum dipenuhi.

2.  Mempertimbangkan berlakunya POJK 58/POJK.04/2017 tentang Penyampaian Pernyataan Pendaftaran Atau Pengajuan Aksi Korporasi Secara Elektronik dimana diperlukan data Profesi Penunjang yang telah tersimpan dalam database OJK, untuk itu kami meminta kepada para Penilai yang telah terdaftar di Sektor Pasar Modal untuk dapat melakukan daftar ulang melalui SPRINT secara bersamaan yang akan diselenggarakan pada:
 
 Hari/Tanggal
 :
 Kamis, 12 April 2018
 Waktu 
 :
 09.00 WIB s.d Selesai
 Tempat
 :  Loby Gedung Sumitro Djojo Hadikusumo Lantai 1
     Jalan Lapangan Banteng Timur No. 2-4 Jakarta Pusat 10710
 Agenda  :  Daftar ulang Sprint Penilai Pasar Modal secara bersamaan
       
  
Adapun terdapat jumlah Penilai yang terdaftar di Pasar Modal yaitu 223 (dua ratus dua puluh tiga) Penilai yang tergabung dalam 80 (delapan puluh) KJPP.

3.  Terkait dengan kegiatan tersebut di atas, OJK mengharapkan agar seluruh Penilai yang terdaftar di Pasar Modal yang telah memnuhi persyaratan untuk daftar ulang dapat mengikuti kegiatan tersebut dengan ketentuan sebagai berikut:
 
a.  Apabila KJPP tersebut memiliki 2 rekan yang terdaftar maka dapat mengirimkan 1 (satu) orang perwakilan, dan bagi KJPP yang memiliki rekan terdaftar lebih dari 2 (dua) orang dapat mengirimkan 2 (dua) orang perwakilan sebagai penanggungjawab terkait administrasi kantor. Diharapkan perwakilan yang hadir dalam kegiatan dimaksud memiliki pengetahuan mengoperasikan laptop/PC.
b.  Perwakilan KJPP sebagaimana huruf a di atas wajib membawa laptop dengan Operating System Window dan modem. Diharapkan perwakilan KJPP tidak membawa laptop dengan operating system Macintosh (Mac OS)/Macbook Laptop, mengingat tidak dapat terkoneksi dengan jaringan di kantor OJK.
c.  OJK akan melakukan penelitian kelengkapan persyaratan dan pemenuhan kewajiban lainnya pada saat kegiatan berlangsung.

4.  Sebelum mengikuti pendaftaran ulang secara elektronik, Penilai wajib terlebih dahulu memenuhi seluruh kewajiban berdasarkan peraturan perundang-undangan di sektor jasa keuangan dan/atau keputusan Otoritas Jasa Keuangan yang belum dipenuhi, antara lain: 

a.  Kewajiban pembayaran denda atas sanksi administratif yang belum dipenuhi;
b.  Kewajiban pemenuhan Pendidikan Profesional Berkelanjutan;
c.  Kewajiban Laporan Berkala Kegiatan Penilai; dan/atau
d.  Kewajiban pembayaran pungutan.

Apabila terdapat persyaratan yang belum dipenuhi sampai dengan waktu pelaksanaan pendaftaran ulang secara bersamaan, maka Penilai dapat  melakukan pendaftaran ulang di luar kegiatan tersebut secara mandiri melalui Aplikasi SPRINT apabila telah memenuhi seluruh kewajiban yang dipersyaratkan.
Berikut terlampir disampaikan daftar nama Penilai yang telah memenuhi persyaratan dan belum memenuhi persyaratan Pendaftaran ulang dan registrasi SPRINT.

5.  Sehubungan dengan hal-hal tersebut di atas, untuk mempercepat proses penyampaian undangan kepada Penilai serta memastikan seluruh Penilai telah mengetahui dan dapat hadir dalam kegiatan daftar ulang ini, kami meminta bantuan Saudara agar dapat menyampaikan undangan sekaligus konfirmasi kehadiran perwakilan KJPP yang bersangkutan. Terlampir disampaikan kepada Saudara pembagian jadwal KJPP untuk kegiatan daftar ulang SPRINT secara bersamaan dimaksud.

Terkait dengan kegiatan tersebut di atas, Penilai yang akan mengikuti kegiatan tersebut diharapkan telah memenuhi ketentuan sebagai berikut:

a.  Sebelum mengikuti pendaftaran ulang secara elektronik, Penilai wajib terlebih dahulu memenuhi seluruh kewajiban  Baik kantor maupun Profesinya antara lain: Syarat KJPP yang harus memiliki dua rekan terdaftar, pembayaran pungutan beserta dendanya, Pemenuhan keikutsertan PPL, dan laporan berkala (daftar Penilai yang belum memenuhi kewajibannya terlampir).
Mohon disampaikan kepada yang belum memenuhi persyaratan agar dapat melengkapi persyaratanya terlebih dahulu supaya dapat melakukan daftar ulang. jika belum dapat memenuhi sampai dengan tanggal 12 april 2018, maka masih dapat melakukan pendaftaran ulang dan registrasi sprint sendiri paling lambat 22 Desember 2018.

b.  Apabila KJPP memiliki 2 rekan yang terdaftar mengirimkan 1 orang perwakilan,
c.  Apabila KJPP memiliki lebih dari 2 orang rekan terdaftar dapat mengirimkan 2 orang perwakilan.
d. Perwakilan yang hadir dalam kegiatan dimaksud memiliki pengetahuan mengoperasikan laptop/PC dan wajib membawa laptop dengan Operating System Windows dan modem untuk koneksi internet .
e.  Perwakilan wajib mengetahui User dan Password SIPO serta nomor STTD masing-masing Penilai yang diwakilinya dikarenakan User dan password tersebut akan digunakan untuk mendaftar pada SPRINT.
f.  Perwakilan wajib membawa scan formulir yang telah diisi secara lengkap oleh Penilai yang diwakilkan.

Demikian disampaikan. Atas bantuan dan kerjasamanya disucapkan terimakasih.